Minggu, 11 Februari 2018

Resep Brownies Kukus Keju


Manis dan nyoklat, apalagi kalo bukan brownies? Pastinya udah banyak orang yang tau si hitam manis yang satu ini. Ini salah satu makanan favorit aku, soalnya aku emang suka banget makanan yang berbahan dasar cokelat dan rasanya manis. Pokonya ini salah satu makanan yang bikin gagal diet deh L.

Brownies keju emang udah banyak dijual di pasaran, tapi kebanyakan kejunya ditabur di bagian atas dan pas makan kejunya banyak yang jatoh. Ugh ribetnya!

Nah kali ini, brownies yang aku buat kejunya ada di dalem dan pake keju slice jadi keliatan rapi dan gampang dimakan. Ini resep brownies-nya Ny. Liem. Resep ini udah bertebaran di sejagad instagram dan cookpad. Resep aslinya sih pake skm, bukan keju. Tapi dua-duanya juga enak kok. Kalo pake skm gimana caranya? Nanti aku jelasin di bagian tips.

BROWNIES KUKUS KEJU

Bahan:
- 6 butir telur
- 250 gr gula pasir
- 1 sdt emulsifier / ½ sdt baking powder
- 130 gr tepung terigu protein sedang
- 50 gr cokelat bubuk
- 170 ml minyak sayur
- 100 gr dark cooking chocolate, lelehkan
- Keju slice 4 lembar / secukupnya

Cara membuat:
  1. Ayak tepung terigu dan coklat bubuk dalam satu wadah.
  2. Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier (jika menggunakan baking powder, masukkan dalam campuran terigu *aku pake emulsifier*) hingga mengembang dan kental dengan mid speed ±7 menit (tergantung mixer masing-masing).
  3. Masukkan campuran terigu, kocok dengan low speed. Setelah tercampur, masukkan minyak sayur dan dcc, aduk balik hingga tercampur rata.
  4. Olesi loyang berukuran 22x22x5 cm dengan margarin. Tuang separuh adonan, kukus selama 10 menit.
  5. Buka kukusan, tata keju slice di atasnya, lalu tuang sisa adonan,
  6. Kukus lagi selama 20 menit atau hingga matang.
Gampang kan? Gini nih tampilannya kalo udah jadi:




Tips:
  • Pastikan kukusan sudah panas sebelum adonan dikukus.
  • Bungkus tutup kukusan dengan kain lap biar uapnya gak jatuh ke adonan dan bikin adonan jadi basah.
  • Kejunya mau keju slice ataupun keju parut gak masalah, cuma aku lebih suka keju slice soalnya lebih rapi dan gak ribet natanya.
  • Kalo pake skm, setelah step no. 3, ambil 100 gr adonan lalu campur dengan 75 ml skm. Setelah step no. 4, buka kukusan lalu tuang adonan skm, kukus kembali selama 10 menit, baru lanjut ke step no. 6.


Let's go to the kitchen!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar