Kamis, 15 Februari 2018

Resep Donat Kentang Empuk Dan Lembut


Donat, Donat, Donaaaattttt!!!

Siapa yang mau donat???

Kebanyakan orang mungkin lebih suka beli daripada bikin. Alasannya? Ribet lah, gak ada resep yang bener lah, susah lah, tekturnya keras lah, dan bla bla bla. Aku pribadi suka banget donat, apalagi donat madu (tapi kalo donat madu belum nemu resep yang bagus).

Dua jenis donat yang populer di Indonesia ada dua, yaitu donat kampung dan donat kentang. Selama ini yang sering aku bikin ya donat kentang. Pernah beberapa kali nyoba, gonta-ganti resep, gagal terus. Bikin frustasi! Hasilnya setelah digoreng malah keras bagian luarnya, gak lembut kaya yang dijual di luaran. Walaupun dari segi rasa bisa dibilang oke, tapi kalo teksturnya gak memuaskan kok rasanya kurang ya...hehehe

Dan akhirnya...jreng jreng jreng! Aku nemu resep donat kentang di Youtube dari akunnya Nikmatul Rosidah. Videonya panjang banget, hampir 25 menit, tapi penjelasannya detail dan easy to try. Aku liat di video kok donatnya kaya lembut gitu ya? Gak lama aku langsung beranjak ke dapur buat nyoba, dan eh, beneran lembut!

Bahan:
- 225 ml susu cair hangat
- 25 gr gula pasir
- 7 gr ragi instan
- 1 butir telur
- 500 gr tepung terigu protein tinggi
- 125 gr kentang
- ¼ sdt garam
- 50 gr margarin

Cara membuat:
  1. Potong kentang kotak-kotak/dadu, rebus dalam panci hingga matang, buang airnya. Letakkan kembali panci di atas api kecil selama beberapa detik (sambil diaduk kentangnya) untuk menghilangkan sisa air pada kentang. Lumatkan kentang dengan garpu lalu gunakan mixer agar kentang menjadi lebih halus. Sisihkan.
  2. Campurkan ±50 ml (dari 225 ml) susu cair hangat, ragi instan, dan ±1 sdt (dari 25 gr) gula pasir, aduk, diamkan ±5 menit hingga ragi berbuih dan mengembang.
  3. Dalam wadah lain, campurkan tepung terigu, sisa gula pasir, dan garam, lalu aduk. Masukkan kentang dan telur, aduk rata.
  4. Masukkan campuran ragi, aduk rata. Setelah itu masukkan margarin, uleni sampai setengah kalis.
  5. Masukkan sisa susu cair sedikit demi sedikit, uleni hingga kalis elastis (±10 menit).
  6. Diamkan adonan ±40 menit hingga mengembang. Tutup adonan dengan plastik wrap/kain lap basah.
  7. Kempiskan adonan, bentuk menjadi donat, lalu diamkan lagi selama ±30 menit.
  8. Goreng di atas api kecil cenderung sedang sampai matang. Goreng donat hanya 1x balik.

Gini nih bagian dalemnya kalo dibuka:



Kalo disentuh gimana? Cobain aja deh!



Tips:
Karena tipsnya agak panjang, jadi aku bikin postingan baru khusus tips bikin donat kentang yang empuk dan lembut. Mau tau? Baca disini.

Let's go to the kitchen!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar