Jumat, 16 Februari 2018

Tips Membuat Donat Empuk dan Lembut


Donat merupakan salah satu jajanan yang banyak digemari warga Indonesia. Kenapa? Soalnya selain rasanya enak, juga karena teksturnya yang empuk dan lembut. Bikin donat sebenernya gak susah karena bahannya gampang ditemuin dan juga murah.

Resep bikin donat udah banyak bertebaran di buku resep maupun internet. Tapi, biasanya banyak yang gagal karena donat yang dibuat malah keras dan bantat. Terus, gimana caranya biar donat empuk dan lembut?
Tapi sebelumnya, apa aja sih bahan-bahan dasar buat bikin donat?

Bahan Dasar Membuat Donat Empuk dan Lembut


Aku pernah kebingungan pas nemuin beberapa resep donat dengan bahan-bahan yang berbeda tiap resepnya. Pertanyaan aku adalah, apa emang bahan-bahan itu perlu? Terus, apa aja sih bahan yang harus ada buat bikin donat?

1. Tepung Terigu
Gak bisa dipungkiri kalo bahan yang satu ini emang wajib kalo kalian mau bikin makanan berbasis roti, termasuk donat. Umumnya ada tiga jenis tepung terigu, yaitu tepung terigu protein rendah, sedang, dan tinggi.

2. Gula
Gula fungsinya ngasih rasa manis pada donat. Ada dua jenis gula yang biasa dipake buat bikin donat, yaitu gula pasir dan gula tepung.

3. Ragi
Ragi berfungsi sebagai pengembang adonan donat. Kalian mungkin nemuin beberapa resep donat gak pake ragi, tapi coba deh bandingin hasilnya! Donat yang gak pake ragi hasilnya bakalan bantat. Sementara yang pake ragi, donat bakalan mengembang sempurna.

4. Air atau Susu Cair
Salah satu langkah membuat donat adalah dengan menguleni adonan hingga kalis. Tapi, mungkin gak sih tanpa air atau susu cair? No! Bahan ini fungsinya buat mengikat adonan menjadi satu dan biar bisa diuleni.

5. Mentega atau Margarin
Mau donat jadi lembut? Bahan yang satu ini gak boleh dilewatin. Mentega atau margarin bakalan bikin serat bagian dalam donat menjadi lembut.

6. Telur
Sama kaya air atau susu cair, telur juga berfungsi buat mengikat adonan donat. Nilai tambahnya, telur juga berfungsi sebagai pengembang adonan dan menambah kandungan gizi dalam donat.

Tips Membuat Donat Empuk dan Lembut

Kalian yang pernah gagal bikin donat mungkin heran, apa yang bikin donat jadi keras dan bantat? Padahal kalian ngikutin resepnya persis dari awal sampai akhir. Ada dua kemungkinan. Pertama, salah memilih resep (Mau resep yang bener? Baca disini). Kedua, resepnya bener tapi gak ngejelasin cara pembuatan dengan rinci. Jadi, kalo kalian udah punya resep yang bener, perhatiin tips di bawah ini!

Mana tepung terigu yang terbaik?
Mungkin kalian bingung harus pake tepung terigu yang mana soalnya penggunaan tepung terigu berbeda-beda di tiap resep. Ada yang seluruhnya pake tepung terigu protein sedang, ada yang seluruhnya protein tinggi, dan ada yang nyampurin keduanya dengan proporsi protein tinggi lebih banyak. Tapi, biar dapet tekstur bagian dalam donat yang padat dan empuk, lebih baik pake tepung terigu protein tinggi seluruhnya. Tepung terigu ini emang khusus buat bikin makanan berbasis roti-rotian, termasuk donat.

Gula pasir atau gula tepung?
Tekstur gula tepung yang lebih halus bisa larut dengan cepat dalam adonan dibandingkan gula pasir. Tapi kalo gak ada gula tepung, pake aja gula pasir yang udah dihaluskan/diblender terlebih dahulu.

Air atau susu cair ya?
Penggunaan air emang tetep bikin donat empuk. Gimana kalo susu cair? Bahan ini bakal bikin donat empuk dan lembut! Susu cair juga berfungsi sebagai penambah rasa pada donat. Perlu kalian tau, penggunaan air maupun susu cair harus pada suhu hangat biar raginya aktif.

Yakin ragi instan kalian masih bisa dipakai?
Kalo ragi instan udah mati, jangan harap bisa dapet donat yang empuk dan lembut. Pastiin ragi yang kalian punya masih bagus. Ada dua langkah yang biasanya tertera pada resep. Pertama, mencampur ragi instan dengan bahan kering. Kedua, mencampur ragi ke dalam air atau susu cair hangat. Kalo kalian yakin ragi masih bagus, cara pertama boleh dipake. Tapi kalo ngga, campur ragi ke dalam air atau susu cair hangat, dengan tambahan sedikit gula, lalu diamkan selama lima menit. Kalo berbuih dan mengembang (walaupun sedikit), berarti ragi masih bagus dan aktif.

Kapan masukkin garam dalam adonan?
Kapan masukkin garam ke adonan kalo garam bakal bikin ragi mati? Di point 4, ada dua langkah penggunaan ragi. Kalo kalian pake cara pertama, masukkin garam dengan mentega setelah bahan kering tercampur semua. Cara kedua, campurin garam dengan bahan kering lainnya, setelah itu masukkin ragi instan yang udah dicampur dengan air atau susu cair hangat.

Telur utuh vs. kuning telur
Pake telur utuh emang tetep bikin donat lembut, tapi lebih lembut lagi kalo pake kuning telur soalnya punya kandungan lesitin di dalamnya (tapi kalo mau hemat, pake telur utuh aja deh biar gak buang-buang putih telur, hahaha...).

Uleni hingga benar-benar kalis dan elastis!
Donat empuk dan lembut diperoleh dari adonan yang diuleni dengan baik hingga kalis (tidak lengket di tangan) dan elastis. Kalo terlalu lengket, tambahin tepung terigu sedikit demi sedikit. Tapi jangan kebanyakan soalnya bakal bikin donat jadi keras.

Simpan adonan di tempat yang hangat
Kalian diharuskan mendiamkan adonan selama beberapa menit sampai mengembang. Pastiin wadah ditutup dengan plastik wrap atau lap basah biar adonan gak kering dan simpan di tempat yang hangat biar adonan mengembang lebih cepat.

Goreng di atas api kecil cenderung sedang
Jangan menggoreng donat di atas api besar soalnya bakal bikin donat cepet mateng di luar tapi masih mentah di dalem. Pake api kecil cenderung sedang biar donat matang merata luar dalem.

Goreng hanya sekali balik
Kalian mungkin gak mau donat jadi basah karena terlalu banyak mengandung minyak. Tipsnya adalah, jangan ngebolak-balik donat berulang kali. Setelah bagian bawah berwarna kuning kecoklatan, balikkan donat, goreng hingga matang, lalu angkat.

Hasilnya bakal kaya gini nih!




Kalo kalian ngikutin tips di atas dari awal sampai akhir, dijamin berhasil deh. Gimana, tertarik buat nyoba?

Let’s go to the kitchen!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar