Minggu, 11 Februari 2018

Resep Lemon Cake


Setelah sebelumnya posting resep brownies kukus keju, kali ini masih sejenis bolu-boluan, yaitu... lemon cake! Cake yang satu ini rasanya asem-asem gimanaaa gitu. Buat yang suka asem (like me), cobain deh, ini enak banget! Wangi lagi soalnya pake lemon zest (parutan kulit lemon), ditambah pake glazur lemon wanginya tambah kuat.

Aku nyari-nyari resep lemon cake kebanyakan bahannya susah-susah.
Kebetulan nemu resep ini dari ig-nya debeldi_kitchen, bahannya gak susah dan mudah dibuat (resepnya aku modifikasi sedikit). Buat yang gak terlalu suka asem, gak pake glazur juga gak masalah, tetep enak kok J.

Bahan cake:
- 230 gr mentega
- 200 gr gula pasir
- 1 sdt vanili ekstrak
- 4 butir telur
- 260 gr tepung terigu protein sedang
- 1 sdt baking powder
- ½ sdt soda kue (resep asli gak pake)
- ¼ sdt garam
- 1 sdm lemon zest
- 60 ml air lemon

Bahan glazur:
- 50 gr gula icing
- 2 sdm  air lemon

Cara membuat:
  1. Kocok mentega (aku pake margarin) dan gula pasir hingga mengembang, kental, dan berwarna pucat.
  2. Masukkan vanilla essens dan telur satu per satu (tiap memasukkan telur tunggu hingga tercampur rata), kocok dengan low speed.
  3. Masukkan baking powder, baking soda, garam, lemon zest, dan sedikit tepung terigu, kocok lagi masih dengan low speed hingga tercampur rata, masukkan sedikit air lemon, kocok lagi. Setelah itu masukkan lagi sedikit tepung terigu lalu air lemon, secara bergantian sampai habis (awali dan akhiri dengan tepung terigu).
  4. Alasi loyang dengan sedikit margarin agar tidak lengket, oven pada suhu 180°C selama ±35 menit atau hingga matang. Diamkan hingga bersuhu ruang, lalu siram glazur di atasnya.
  5. Glazur: campur gula icing dan air lemon, aduk rata hingga teksturnya lembut. Bila belum lembut tambahkan sedikit demi sedikit air lemon sesuai kebutuhan, tetapi jangan terlali banyak nanti rasanya terlalu asam. Siram di atas cake dan tunggu hingga mengeras.

Nih penampakannya setelah jadi:



Tips:
  • Aku saranin lebih baik pake mentega, rasanya lebih enak. Tapi pake margarin juga gak masalah kalo mau lebih hemat, hehehe
  • Gula pasir kalo bisa yang butirannya halus/kecil-kecil biar cepet larut dalam adonan.
  • Parut kulit lemon (lemon zest) yang bagian kuningnya aja ya, jangan sama yang putihnya nanti pahit.
  • Karena aku gak punya vanili ekstrak, jadi aku pakenya vanilla essens, tapi tetep enak kok.
  • Lemonnya yang kuning ya, yang gede yang suka ada di supermarket, bukan lemon kecil yang suka ada di pasar. Yang ini nih:


Jangan sampai salah yaaa...

Let's go to the kitchen!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar