Selasa, 20 Februari 2018

Resep Cilok Sederhana Dan Mudah


Aku inget banget waktu SD sering beli cilok depan sekolah. Isinya ada yang pake lemak, telur puyuh, kacang, dan polos alias gak ada isinya. Kalo dapet yang isinya kacang, gratis satu cilok lagi. Harganya juga masih Rp.100,- per cilok yang ukuran kecil. Ah... indahnya masa SD. Sekarang udah gak nemu lagi penjual yang kaya gitu, huhuhu...

Cilok zaman now udah bervariasi. Ada yang isi sosis, daging ayam, keju. Ada yang di goreng, dibikin cilor, dibikin seblak, pake kuah, dan... macem-macem deh.
Nah resep yang mau aku bagi ini resep dasar cilok dari web-nya indirania.com. Biasanya kalo lagi gak ada bumbu kacang, aku cuma makan pake saus kecap udah mantap.

CILOK

Bahan:
- 250 ml air
- ¼ sdt penyedap rasa
- 2 sdt garam
- ½ sdt merica
- 4 siung bawang putih, haluskan
- 125 gr tepung terigu
- 2 butir telur
- Daun bawang secukupnya, iris
- 200 gr tepung tapioka

Cara membuat:
  1. Masukkan penyedap rasa, garam, merica dan bawang putih ke dalam air lalu rebus hingga mendidih.
  2. Matikan kompor, masukkan tepung terigu, aduk hingga padat dan menggumpal. Masak kembali sdonan selama 1 menit dengan api kecil sambil diaduk.
  3. Diamkan adonan hingga dingin. Masukkan telur dan daun bawang, uleni hingga tercampur. Terakhir masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil (boleh ditambahkan isian sesuai selera). Rebus cilok dalam air mendidih hingga mengapung.
  5. Kukus cilok selama 15-20 menit.

Tips:
  • Kalo tepung tapioka sudah masuk semua tapi adonan belum kalis, tambahkan lagi tepung tapioka sedikit demi sedikit, pokoknya sampai adonan kalis (tapi jangan kebanyakan juga ya!).
  • Kalo cilok udah jadi, bagusnya disimpen di magiccom/rice cooker biar tetep anget, soalnya kalo disimpen di tempat terbuka dalam waktu lama ciloknya jadi mulai agak keras. Penjual cilok juga nyimpen ciloknya di dandang/kukusan.
  • Untuk bumbu kacang biar praktis beli aja bumbu kacang/pecel instan (yang tinggal dikasih air panas). Aku gak pernah bikin bumbu kacang sendiri, males hahaha...
  • Terakhir aku bikin cilok ini dibikin kuah (resep kuah dari ig-nya upikitchen dengan modifikasi), seger deh apalagi makannya pas ujan gede. Nih penampakannya:




Resep kuah cilok:
- 500 ml air kaldu/air biasa
- 2 siung bawang merah (resep asli ¼ bawang bombay), iris
- 1 siung bawang putih, iris
- 1 sdm saus sambal
- 1 sdm cabe bubuk
- Irisan cabe secukupnya
- 1 batang daun bawang, iris
- kaldu bubuk (kalo pake air biasa), garam, dan lada secukupnya
- Minyak untuk menumis

Cara membuat:
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  2. Rebus air kaldu/air biasa hingga mendidih, masukkan tumisan bawang, saus sambal, cabe bubuk,  irisan cabe, kaldu bubuk, garam, dan lada bubuk.
  3. Jika rasanya sudah pas, masukkan daun bawang dan cilok (yang sudah matang), rebus sebentar, lalu sajikan.



Let's go to the kitchen!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar