Jumat, 16 Maret 2018

Resep Dasar Adonan Pizza Empuk


Aku udah beberapa kali bikin adonan pizza pake resep ini dan ngga pernah mengecewakan. Pernah juga dibawa kakak ke kantor dan pas diicip temen-temennya pada bilang enak, hihihi... Yah, daripada beli di restoran pizza yang harganya rada mencekik, mendingan bikin sendiri di rumah. Sekalian ngasah skill buat jadi calon menantu idaman koki handal.

Karena resep ini udah lama, aku lupa resepnya diambil dari mana 😅. Buat topping, aku ngga kasih resepnya ya. Soalnya topping pizza bisa macem-macem dan sesuai selera yang bikin. Aku sih kalo lagi niat ya bikin topping lengkap pake daging, sosis, paprika, bawang bombay, tomat, saus tomat, saus sambel, keju. Kadang cuma pake bumbu pasta yang udah ada irisan dagingnya. Kalo lagi males, aku sikat pake saus sambel doang, hahaha...

ADONAN PIZZA

Bahan:
- 150 gr tepung terigu
- 1 sdt ragi instan
- ½ sdt gula pasir
- 100 ml air / susu cair hangat
- 10 ml minyak sayur
- ¼ sdt garam

Cara membuat:

  1. Campurkan ragi instan dan gula pasir ke dalam 50 ml (dari 100 ml) air/susu cair hangat, aduk, diamkan 5 menit hingga ragi berbuih dan mengembang.
  2. Dalam wadah lain, campurkan tepung terigu dan garam, aduk.
  3. Masukkan campuran ragi, aduk, lalu masukkan sisa air/susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga setengah kalis. Terakhir, masukkan minyak sayur, uleni hingga benar-benar kalis (±7 menit).
  4. Tutup adonan dengan plastik wrap/kain lap basah, diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang.
  5. Kempiskan adonan, gilas adonan membentuk lingkaran dengan ketebalan sesuai selera. Letakkan di loyang yang telah diolesi margarin, diamkan selama 15 menit.
  6. Tusuk-tusuk adonan dengan garpu, lalu beri topping sesuai selera.
  7. Oven selama 20 menit atau sampai matang pada suhu 180°C.

Nih bagian dalemnya setelah jadi (maafkan hasil foto yang agak blur😂):



Tips:

  • Satu resep ini buat pizza yang ukuran medium.
  • Aku pernah bikin adonan yang pake air dan susu cair. Adonan yang pake air juga empuk hasilnya, tapi lebih empuk yang pake susu cair.


Let’s go to the kitchen!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar